Rabu, 12 Juni 2013

Pembahasan SIM BAB 11 McLeod

Pertanyaan :
1.      Apa sajakah 4 tahap penyelesaian  masalah simon.?
2.      Kerangka berpikir mana kah yang akan anda gunakan dalam menerapkan pendekatan sistem?
3.      Bagaimana kah bentuk batasan internal dan lingkungan?
4.      Apa sajakah 3 pendekatan pemilihan alternatif menurut mintzberg?
5.      Apakah yang dimaksud dengan struktur masalah ?
6.      Kelemahan SIM apakah yang di atasi oleh gorri dan scott-morton?
7.      Bagaimana kah cara gorri dan scott-morton menggunakan istilah sistem pendukung pengambilan keputusan (deciption support system)?
8.      Sebutkan output dari DSS?
9.      Sebutkan 4 jenis model?
10.  Apa saja kah yang ditawarkan oleh semua jenis model.?
11.  Bagaimana kah model matematis di klasifikasi kan ?
12.  Dua jenis data apakah yang dimaksudkan kedalam model matematis untuk memulai simulasi ?
13.  Jenis data apa kah yang dimanipulasi mager ketika memainkan permainan bagiamakah jika?
14.  Dua kelemahan model matematika manakah yang diatasi oleh lembar kerja elektronik (spredsheet)?
15.  Apa sajakah kolom lembar kerja yang digunakan dalam sebuah model dinamis?
16.  Apa sajakah 4 bagian utama dari sebuah sistem pakar?
17.  Apa yang disebut pariabel tujuan.?
18.  Jelaskan perbedaan antera pertukaran sinkron dan asinkron?
19.  Mengapa anonimitas penting dalam pengaturan DGSS?
Jawab:
1.      a. Aktivitas intelejen.Mencari di sekitar lingkungan kondisi yang harus di pecahkan
b.Aktivitas perancangan,menemukan ,mengembangkan dan menganalisis tindakan-tindakan yang mungkin dilakukan.
c.Aktivitas pemilihan .memilih tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia.
d.Aktivitas pengkajian,memeriksa pilihan-pilihan yang lalu.

2.      Kerangka yang digunakan adalah kerangka sistem model umum.

3.      - Batasan Internal yaitu biasa nya berbentuk sumber daya yang terbatas yang ada didalam perusahaan. Contoh unit TI tidaki dapat merancangsistem CRM karena kurangnya keahlian dalam  OLAP  , sedangkan

-Batasan Lingkungan yaitu berbentuk tekanan berbagai  elemen lingkungan yang membatasi berbagai sumber daya dari dan perusahaan. Contoh  adalah peningkatan suku  bunga oleh suatu perusahaan yang meningkat kan biaya ekspansi pabrik.

4.      -Analisis
Suatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan mempertimbangkan pilihan tersebut pada tujuan organisasi.
-Penilaian
Proses mental dari seorang manajer.
-Tawar menawar
Negoisasi antara beberapa manajer.

5.       Struktur masalah adalah,Permasalahan yang dapat  memahami beberapan masalah lebih baik dibandingkan dengan lain. Karena terdiri atas unsur dan hubungang antara berbagai elemen yang semua nya dipahami oleh oraang yang mengerjakan masalah.

6.       cara gorri dan scott-morton menggunakan istilah sistem pendukung pengambilan keputusan (deciption support system)dengan cara mereka berusaha menambahkan beberapa hal ke dalam konsep SIM.sebaliknya mereka telah mengidentifikasi  suatu jenis baru sistem informasi.Sejak 1971,DSS telah menjadi jenis sistem informasi yang paling sukses dan kini menjadi aplikasi komputer untuk pemecahan masalah yang paling produktif



7.      .Mereka mendiskripsikan sistem yang didesain untuk membantu manager dalam memecahkan maslah tertentu.  Ide dasar agar manager dan komputer dapant bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut, jenis masalah yang dapat diselesaikan adalah masalah yang semiterstruktur. Komputer dapat menyelesaikan bagian yang tidak terstruktur.

8.      Output DSS yang pertama kali terdiri atas laporan output dari model matematika , kapasitas pemecahan kelompok ditambah, diikuti dengan kecerdasan bantuan(artificial intelligence) dan proses analisis online(on-line analyticalprocessing-OLAP).


9.       –Model  Fisik
-model naratif
-model grafis
-model matematis

10.   A .  Proses pemodelan dapat menjadi pengalaman belajar. Manager akan selau mempelajari suatu yang baru mengenai  sistem sesungguhnya melalui setiap proyek  pemodelan
B.  Kecepatan proses simulasi memungkin kan sejumlah besar alternatif dapat dipertimbangkan dengan cara membarikan kemampuan untuk mengevaluasi dampak keputusan dalam waktu yang singkat. Hanya dalam beberapa menit, kta dapat menyipulasikan beberapa bulan, kuartal atau tahunan operasional perusahaan.
C. Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Model memberikan kemampuan memberikan model prediksi pandangan kemasa depan –yang tidak dapat diberikan oleh metode penyedia informasi lain.
D. Model tidak semahal upaya uji coba. Proses pemodelan memang mahal jika diliat dari masa perancangan dan biaya peranti keras dan peranti lunak yang dibutuhkan untuk melakukan simulasi, namun biaya ini tidak setinggi biaya yang telah terjadi jika keputusan yang buruk diimplementasikan di dinia nyata.

11.    Model matematis dapat diklarifikasikan ke dalam 3 dimensi:
1.      Model statis atau Dinamis model statis adalah tidak melibatkan waktu sebagai salah satu variabel, model ini berkenaan  dengan simulasi pada waktu tertentu.
2.      Model probabilitas atau Deterministik yaitu untuk mengklarifikasi beragam model

12.   –     skenario
-          Variabel keputusan  

13.   Memanipulasi satu atau lebih variabel unuk melihat dampak dari hasil simulasi. Sebagai contoh, dalam anggota oprasional pemecahan masalah dapat melakukanperubahan terhadapgaji sesungguhnya(mungkin menaikkan nya sebanyak 10 persen untuk menyipulasikandampak kenaikkan gaji) dan dampak varian gajidan seluruh varian. Dalam aliran kas, maager kauangan dapat memanipulasi angka-angka kas masuk dan kas keluar untk melihat dampak nya.

14.  - Kapabilitas pemodelan statis
-kapabilitas pemodelan dinamis

15.    Yaitu kolom lembarwaktu sebagai variabel dan menggambar kan perilaku  ebtitas seiring dengan waktu.


16.  User interface, memungkinkan pemakai untuk beriteraksi dengan sistem pakar.
>Knowledge Base, menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah yang akan diselesaikan.
>Inference Engine, menyediakan kemampuan penalaran yang menafsirkan isi knowledge base.
>Development Engine, pakar dan analis sistem menggunakan  ini untuk menciptakan sistem pakar

17.   Variabel tujuan adalah suatu variabel dimana variabel tersebut mempunyao nian dalam membantu kinerja manager dalam menyelesaikan masalah .

18.  Pertukaran sinkron adalah jika para anggota bertemu pada saat bersamaan ,salah satu contoh adalahpertemuan komite. Sedangkan
Pertukaran Asinkron adalah  jika para anggota bertemu  pada saat waktu berbeda-beda, salah satu contoh adalah saling berbalas komunikasimelalui e-mail.

19.  Karena ketika tidak ada yang dapat mengetahui  siapa yang memberikan komentar tertentu.  Anomitas memungkinkan peserta  untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan, selain itu fitur ini juga memungkinkan masing-masing ide untuk dievaluasi berdasarkan kelebihannya dan bukan berdasarkan siapa yang berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar